Jabal Rahmah, Monumen Cinta Adam dan Hawa

215 views

81search.net – Jabal Rahmah, Monumen Cinta Adam dan Hawa, Jabal Rahmah, Monumen Cinta Adam dan Hawa

Jabal Rahmah, Monumen Cinta Adam dan Hawa

Jabal Rahmah adalah monumen cinta Adam dan Hawa.

Jabal Rahmah merupakan bukit batu di tengah tanah gersang khas Timur Tengah. Terletak di tepi padang Arafah, sebelah timur kota Makkah. Bukit ini bisa terlihat dengan mudah, karena ramai oleh para jamaah yang berkunjung ke sana.

Bukit Jabal Rahmah memiliki tinggi sekitar 70 meter, mudah untuk didaki hingga puncaknya oleh para pengunjung. Para pengunjung bisa memanfaatkan anak tangga yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat. Berjalan kaki dari dasar bukit, hingga menuju puncak, hanya diperlukan waktu 15 menit saja.

Di puncak Jabal Rahmah, Anda bisa melihat sebuah monumen berbentuk persegi empat, dengan lebar 1,8 meter dan tinggi 8 meter. Monumen yang terbuat dari beton ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai titik lokasi dimana Adam dan Hawa bertemu di dunia.

Quote:
Lokasi di mana Adam AS dan Siti Hawa dipertemukan oleh Allah SWT di Arafah, tepatnya di Jabal Rahmah, diabadikan oleh keturunannya sampai saat ini. Pertemuan antara Nabi Adam dan Siti Hawa di bukit batu tandus ini (Jabal Rahmah) yang penuh rasa haru dan kasih sayang ini pulalah yang melatarbelakangi penamaan bukit tersebut dengan Jabal Rahmah (Bukit Kasih Sayang). Sewaktu musim haji, banyak jamaah haji yang menyempatkan diri untuk naik ke bukit ini di sela-sela pelaksanaan ibadah wukufnya di Padang Arafah.
Para jamaah yang sedang beribadah umroh ataupun haji pasti menyempatkan diri untuk berkunjung ke Jabal Rahmah. Mereka akan mengagumi indahnya pemandangan Padang Arafah jika dilihat dari puncak bukitnya. Mereka juga meluangkan waktu khusus untuk berdoa di tugu yang ada di puncak bukit tersebut, memanjatkan keinginan yang berbeda-beda.

Karena disebut monumen cinta Adam dan Hawa, banyak jamaah berdoa di sini termasuk soal jodoh. Selain untuk berdoa, para jamaah yang berkunjung ke Jabal Rahmah juga memanfaatkan waktu untuk sekedar berfoto narsis, sebagai tanda bukti sudah pernah ke Jabal Rahmah.

Quote:
Menurut satu riwayat dikatakan bahwa Jabal Rahmah juga menjadi tempat wahyu yang terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu ketika beliau sedang melakukan wukuf. Wahyu yang terakhir yang dibacakan Rasulullah kepada jamaahnya tersebut adalah surah Al-Maidah ayat 3. “Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barangsiapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Jabal Rahmah, Monumen Cinta Adam dan Hawa, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Jabal Rahmah, Monumen Cinta Adam dan Hawa berguna untuk anda.

Leave a reply "Jabal Rahmah, Monumen Cinta Adam dan Hawa"

No related post!