Ketahui Informasi Keamanan Kartu Kredit Sebelum Menggunakannya !!

212 views

www.81search.net

Mengetahui dan melek akan keamanan kartu kredit merupakan keawajiban bagi semua pemilik kartu kredit bank Mega. Jangan sampai timbul anggapan bila kartu kredit merupakan malapetaka dari kerugian finansial. Padahal hal ini terjadi akibat kelalaian untuk menjaga keamanan. Terlebih lagi di jaman serba online ini sudah tidak terhitung lagi seberapa banyak orang yang terkena dampak dari cyber crime karena menggunakan kartu kredit saat bertransaksi online.

Kemanan kartu kredit ini menuntut keaktifan dari penggunanya sendiri. Apa saja yang harus diketahui mengenai kemanan kartu kredit ?

Pahami Sistem Transaksi
Kartu kredit di Indonesia menerapkan dua jenis sistem transaksi yakni magnetic strip dan chip. Pertama transaksi dianggap sah ketika pemegang membubuhkan tanda tangan. Hal seperti ini sebenarnya memicu pelang pemalsuan tanda tangan. Langkah amannya ialah selalu awasi dengan swipe kartu kredit. Pastikan bila kasir hanya menggesekan kartu satu kali. Jangan biarkan kasir menggesekan kartu dua kali karena aka nada peluang data –data tercuri.
Kedua sistem chip dimana setiap transaksi harus menggunakan pin. Hal ini dianggap lebih aman dan rahasia karena hanya pemilik saja yang mengetahuinya.

Jangan Foto Atau Fotocopy Kartu Kredit
Meskipun bentunya dalam foto atau fotocopy, kartu kredit tetap bisa disalahgunakan oleh orag lain. Selain itu pihak bank tidak pernah meminta kopian atau salinan dar kartu kredit pada setiap transaksi.

Notifikasi Transaksi
Pastikan nomor ponselmu yang kamu gunakan memiliki notifikasi yang hanya akan sampai pada nomormu saja. Notifkasi ini akan memeritahumu bila terjadi transaksi dengan kartu kredit. Ketika kamu tidak merasa menggunaknnya kamu bisa menghubungi call centre untuk membatalkannya.

Rahasiakan Nama Ibu Kandung
Jika kamu pernah melakukan panggilan call centre kartu kredit kamupasti pernah diminta untuk menyebutkan nama asli ibu kandung. Hal ini menjadi pertanyaan wajib untuk memverifikasi transaksi. Atau bisa menjadi pembuktian bahwa kamu benar pemilik kartu sakti tersebut. Ketika banyak orang yang mengetahui nama asli ibu kandungmu maka kamu memiliki potensi target penyalahgunaan kartu kredit.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan agar kartu kredit yang kamu miliki tidak disalah gunakan oleh orang jahil tidak bertanggungjawab. Melek akan informasi keamanan terlebih lagi kartu kredit merupakan hal yang sangat penting agar kamu bisa nyaman saat bertransaksi.

Leave a reply "Ketahui Informasi Keamanan Kartu Kredit Sebelum Menggunakannya !!"