MEMAHAMI INFORMASI TULIS DALAM BERBAGAI BENTUK TEKS

167 views

81search.net – MEMAHAMI INFORMASI TULIS DALAM BERBAGAI BENTUK TEKS, MEMAHAMI INFORMASI TULIS DALAM BERBAGAI BENTUK TEKS

MEMAHAMI INFORMASI TULIS DALAM BERBAGAI BENTUK TEKS

informasi

A. Teknik membuat catatan dalam membaca pemahaman 
Membuat catatan terhadap informasi yang dipandang penting dalam proses membaca. Catatan-catatan tersebut berguna membantu mengingat isi bacaan, untuk bahan-bahan informasi/bahan kutipan alam menyusun karangan.

Teknik atau cara membuat catatan dalam membaca adalah :
1. Membaca dan menangkap makna setiap kata/frase/kalimat yang terdapat dalam paragraf.
2. Menggarisbawahi hal yang penting dalam bacaan termasuk istilah-istilah asing yang belum kita pahami.
3. Selesai membaca satu paragraf, tergambar pikiran utama. Informasi penting perlu dicatat.
4. Pada setiap pergantian paragraf hendaknya ada formulasi hubungan antar paragraf dalam benak kita.
5. Membuat intisari bacaan.
Bacalah wacana berikut, kemudian rumuskan pikiran utama pada tiap-tiap paragraf.
Terancamnya Populasi Gorilla dan Lebah
       Selama ini beberapa bidang industri yang dilakukan manusia jika dikelola salah dan tidak terencana, memiliki dampak yang buruk terhadap lingkungan Begitu pula dengan industri selular yang sedang mengalami pertumbuhan hebat. Jumlah ponsel terus ertambah, diproduksi dan dijual setiap harinya, belum lagi jumlah pemakai ponsel yang akan mencapai 3 miliar tahun ini. Aktifitas yang cepat ini belakangan menimbulkan efek yang tidak menguntungkan bagi dua koloni hewan, yaitu gorilla dan lebah madu.
       Beberapa bulan lalu laporan terbitan The Telegraph menyebutkan turunnya populasi lebah madu dan kegagalan panen di Amerika bukan diakibatkan oleh pemanasan global, tapi karena meningkatnya efek radiasi ponsel. Kesimpulan ini sempat menghadirkan pro kontra di kalangan pejabat pertanian dan industri selular sendiri, sampai akhirnya sebuah jurnal ilmiah dari Universitas Landau, Jerman, membeberkan fakta tersebut.
      Secara teori, radiasi ponsel mengakibatkan terganggunya sistem navigasi lebah, sehingga lebah kesulitan untuk menemukan sarangnya kembali. Colony Collapse Disorder ( CCD= istilah pada fenomena yang menggambarkan musnahnya sebagian besar koloni lebah), terjadi ketika sekelompok lebah dalam sebuah sarang, tiba-tiba menghilang, yang tersisa hanya lebah ratu, telur dan beberapa lebah pekerja yang belum dewasa. Efek resonansi sebesar-200-300 putaran/detik yang berjalan pada frekuensi 850, 900, 1800 dan 1900 MHz bekerja pas pada jalur tersebut, kemudian secara tidak langsung akibat banyaknya lalu lintas telepon di jalur tersebut membuat navigasi lebah tidak beraturan.
     Sementara itu laporan tentang turunnya populasi  gorilla di Kongo hingga 90 % diakibatkan berkurangnya habitat mereka karena penambangan liar Coltany atau Colombite Tantalite (bahan pembuat ponsel) makin merebak. Pembunuhan gorilla pun makin marak terjadi di sekitar tambang-tambang Coltan.
      Akibat dari turunnya populasi gorilla di habitat aslinya berunut juga pada ponsel-ponsel bekas yang bahannya dibuat dari Coltan. Sampai akhir tahun ini diperkirakan ada 130 juta ponsel bekas yang berpotensi menyebabkan limbah kimia dalam jangka waktu sepuluh tahun ke depan. Jika terus disimpan, ponsel tersebut berpotensi mengakibatkan kanker di seluruh tubuh manusia karena mengandung bahan PBT(Persistent Bioaccunakative and Toxic Chemicals). Dalam PBT terdapat banyak racun yang bisa mengakibatkan kematian, di antaranya Arsen, Cadmium, Copper dan Lead.
B.Jenis-jenis karangan/wacana
a. Narasi
Karangan ini berisi rangkaian peristiwa yang susul menyusul, sehingga membentuk alur cerita. Yang termasuk narasi misalnya : cerpen, novel, roman, dan sebagainya.
Contoh Narasi :
Kejantanan di Sumbing
Pada waktu masih muda ia pernah bercita-cita menjadi pelukis yang kegemarannya menggambar tubuh-tubuh indah. Tetapi ibunya menertawakan karena dianggap ia tak bisa menggambar, bahkan tidak setuju anaknya menjadi pelukis sebab bapaknya yang juga gemar menggambar ternyata tak mampu menghidupi keluarganya.
………………………………………………………………….
                                                                                                               Subagyo Sastrowardoyo 1995
b. Deskripsi
Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, merasakan atau mendengar  hal tersebut.
Contoh :
Rumah itu dari kejauhan kelihatan angker sekali, menyeramkan. Apalagi jika dilihat dari dalam, sungguh memberikan kesan kurang terawat. Cat dinding kusam, di sekelilingnya tumbuh rumput liar.
Langkah-langkah menyusun deskripsi :
1. Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan.
2. Tentukan tujuan.
3.   Tentukan aspek yang akan dideskripsikan denagn melakukan atau nerdasarkan pengamatan/pengalaman.
4. Susunlah aspek tersebut ke dalam urutan yang baik.
5. Kembangkan aspek atau kerangka tersebut enjadi deskripsi.
Topik yang tepat antara lain :
a. Keindahan Danau Toba
b. Lalulintas di jalan Diponegoro
c. Eksposisi (paparan)
Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan kepada pendengar atau pembaca.
Contoh topik eksposisi :
–  Manfaat koperasi
–  Peranan majalah dinding sekolah
–  Sekolah kejuruan sebagai penghasil tenaga terampil
Tidak jarang eksposisi berisi tentang langkah/cara/proses kerja.Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses.
Contoh eksposisi/paparan :
Bagi manusia bahasa merupakan alat komunikasi yang sungguh penting. Dengan bahasa manusia dapat menyampaikan isi hati kepada sesamanya. Dengan bahasa itu pula manusia mewarisi dan mewariskan, menerima dan memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada sesamanya…………
Contoh eksposisi/paparan proses :
Cara bertanam hidroponik di dalam pot adalah sebagai berikut :
1. Isi pot dengan kerikil kira-kira seperempat bagian.
2. Bibit tanaman yang akarnya telah dibersihkan, diletakkan dan ditimbun kerikil hingga tanaman tegak.
3. Isi air lagi.
4. Setelah tiga minggu, diganti larutan pupuk.
d.Argumentasi
Karangan argumentasi adalah karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat/kesimpulan dengan data/fakta/konsep sebagai alasan/bukti.
Tema atau topik yang tepat untuk karangan argumentasi antara lain :
–  Pupuk buatan menguntungkan petani
–  Lulusan SMU perlu dibekali keterampilan tambahan
–  Teknologi modern harus dikuasai secepatnya
e.Persuasi
Karangan persuasi adalah karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi, membujuk pembaca untuk berbuat sesuatu.
Tema atau topik yang tepat untuk karangan persuasi antara lain :
–  Hemat energi
–  Resep bugar dengan berolah raga
Bacalah penggalan wacana di bawah ini, kemudian tentukan jenis wacananya.
1.       Dalam 24 jam hidup, konon kita bernafas 23,000 kali dan menghirup 3.600 liter udara per hari. Bagaimana akibatnya jika  udara dalam ruang yang kita hirup itu sudah mengalami polusi? Siapa yang mesti dituntut untuk bertanggung jawab atas terjadinya polusi ruang kalau bukan kita sendiri selaku penghuninya.
2.     Kata disiplin diserap dari bahasa latin disciplina yang berarti siasat, tata tertib, ketaatan, ajaran, pengajaran. Kata kerja disciplinare berarti mendidik, menggembleng atau mengajar. Dengan demikian, kata disiplin dapat diartikan tindakan atau perilaku yang sesuai dengan ajaran-ajaran yang telah diperoleh seseorang, baik berupa undang-undang, peraturan, sopan-santun, adat istiadat dan sebagainya.
3.       Alam semesta berjalan dengan sangat teratur seperti halnya mesin. Matahari, bumi, bulan dan bintang yang berjuta-juta beredar  dengan teratur seperti teraturnya roda mesin yang rumit berputar. Semua bergerak mengikuti irama tertentu. Mesin rumit itu ada penciptanya, yaitu manusia yang pandai, teliti dan bijaksana. Tidakkah alam yang Maha Pandai, Maha teliti, Maha bijaksana.
4.       Minyak bumi sebagai sumber daya alam yang tak ternilai harganya memang bukan satu-satunya sumber energi di dunia ini, karena masih ada sumber lain, seperti matahari, listrik, batubara, gas alam, serta nuklir. Namun, sejauh ini kita tidak dapat mengatakan bahwa untuk memperoleh minyak bumi tidaklah sulit. Hal ini disebabkan kita memiliki banyak sumber minyak bumi di seluruh pelosok tanah air. Karena banyaknya minyak bumi inilah, pemerintah mengekspornya guna mendapatkan devisa serta menjadi anggota OPEC.
5.       Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang pokok, akutansi dan auditing. Dalam bidang akuntansi, pekerjaan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan inforfmasi keuangan. Dalam bidang auditing pekerjaan akuntan pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yang tercantum dalam laporan tersebut.
6.       Waktu itu akau sedang duduk di serambi depan. Tiba-tiba terdengar bunyi ledakan yang keras sekali. Dedngan spontan aku menoleh ke arah bunyi itu. Aku melihat sebuah bola api yang besar sekali. Tidak lama kemudian, kulihat banyak orang berjalan menuju ke arah bola api. Diantara mereka ada yang membawa ember berisi air, ada yang berisi lumpur dan ada pula yang berisi pasir. Ternyata bola api itu adalah sebuah mobil tangkiyang meledak.
7.       Sejam sudah operasi mata kiri berjalan. Peluh mewah menyimbah di dahi pembedah. Tangan Gloria ikut menggetarkan ketegangan. Muka ahli bius tegang menjuram, perawat siap melakukan pertolongan darurat. Jantung enggan berdenyut. Semua menanti-nanti ….
8.        Disini pengunjung bisa menikmati dunia air tawar. Begitu masuk akuarium raksasa ini, pengunjung akan melewati sebuah lorong kaca yang kanan-kirinya berisi ratusan ikan dari berbagai jenis. Pengunjung bisa menikmati keindahan ikan hias dan seekor ikan raksasa yang diambil dari sungai Amazone di Amerika.
Setelah itu pengunjung akan diajak menikmati masakan khas ikan bakar di desa Karangbanjar. Pengunjung bisa memancing sendiri untuk dimasak pramusaji.
9.       Hampir semua pelosok Mentawai indah. Di empat kecamatan masih terdapat hutan purba yang masih perawan. Hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan anggrek aneka jenis dan fauna yang hanya terdapat di Medntawai Siamang kerdil, lutung Mentawai dan beruk. Simakobu adalah contoh primata yang menarik sebagai bahan penelitian dan objek wisata.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  MEMAHAMI INFORMASI TULIS DALAM BERBAGAI BENTUK TEKS, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  MEMAHAMI INFORMASI TULIS DALAM BERBAGAI BENTUK TEKS berguna untuk anda.

Leave a reply "MEMAHAMI INFORMASI TULIS DALAM BERBAGAI BENTUK TEKS"