Pulau Ini Muncul Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

104 views

81search.net – Pulau Ini Muncul Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut, Pulau Ini Muncul Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

Pulau Ini Muncul Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

Gunung berapi bawah laut itu menciptakan sebuah pulau kecil di lepas pantai Nishinoshima, Ogasawara, Jepang.

Warga takjub, sebuah letusan gunung berapi telah menjadikan sebuah pulau baru di perairan laut sekitar 1.000 km selatan Tokyo, Jepang.

“Pulau yang memiliki diameter 200 meter tersebut muncul di lepas pantai Nishinoshima, di antara gugusan Kepulauan Bonin,” kata Badan Meteorologi Jepang, seperti dilansir The Guardian, Kamis (21/11).

Gugusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni di Ogasawara tersebut ada sekitar 30 pulau yang berada di gugusan berjarak 1.000 km di selatan Tokyo dan terletak di Lempeng Pasifik seismik aktif yang dikenal sebagai ‘Cincin Api’ atau Ring of Fire.

Seorang petugas pada hari Rabu (20/02/13), telah mengeluarkan peringatan soal asap hitam tebal dari letusan gunung api di kawasan itu.

Tayangan televisi setempat hari ini juga menayangkan adanya asap tebal, abu vulkanik, dan bebatuan menyembur dari kawah dengan uap yang mengepul ke langit.

Kepada jaringan berita FNN, vulkanologis Hiroshi Ito, mengatakan ada kemungkinan pulau tersebut akan terbentuk secara permanen. “Namun tidak menutup peluang juga bakal terkikis oleh arus laut,” ujarnya.

Menurut laporan, letusan gunung berapi terakhir yang tercatat di wilayah ini terjadi pada pertengahan 1970-an. Sebagian besar aktivitas vulkaniknya terjadi di kedalaman ribuan meter bawah laut, di lokasi Palung Izu-Ogasawara-Marianas.

Pemerintah Jepang menyambut berita ini. Menurut mereka, kehadiran pulau ini telah menambah wilayah daratan baru bagi Negeri Sakura, meskipun luasnya tidak seberapa.

“Kemunculan pulau baru ini pernah terjadi sebelumnya. Namun dalam beberapa kasus, ada juga pulau-pulau kita yang justru menghilang karena tenggelam,” kata Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Pulau Ini Muncul Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Pulau Ini Muncul Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut berguna untuk anda.

Leave a reply "Pulau Ini Muncul Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut"

No related post!